Seminar Nasional Kewirausahaan“ Bangun Kemandirian Dengan Teknologi “



Berwirausaha adalah suatu cara seseorang melakukan perubahan dalam hidupnya.  Berwirausaha merupakan aplikasi atau kunci perubahan tersebut yakni berupa kemandirian, utamanya dalam hal finansial. Sehingga apabila seseorang menginginkan kemandirian pada dirinya maka katakan pada diri sendiri “ Berwirausahalah”. Berwirausaha memiliki banyak bidang diantaranya , yakni  kuliner, fashion, kerajinan hingga teknologi dan lain sebagainya. Dari sekian banyaknya bidang wirausaha yang perlu diingat, apabila ingin berwirausaha lakukan sesuai dengan bakat dan minat atau sesuai kesukaan kita. Hal ini akan mempermudah kita dalam berwirausaha dan lebih memudahkan  mengatasi masalah. Namun apabila sesorang yang menyukai tantangan dapat pula berwirausaha di luar bidang yang bukan minat, bakat maupun kesukaannya.
Dengan merasakan pentingnya berwirausaha maka Himatro mengadakan Seminar Nasional dengan tema “ Bangun Kemandirian Dengan Teknologi “ pada tanggal 21 Mei 2017 yang bertempat di Gedung Pertemuan. Seminar ini mengangkat tema Kewirausahaan bidang teknologi dikarenakan saat ini sudah tidak asing lagi kita mengetahui bahwa berwirausaha dilakukan dengan menggunakan media komunikasi. Dalam media komunikasi di ketahui banyak orang berwirausaha dengan menjual produknya misalnya berupa software. Himatro sendiri telah mengundang salah satu contoh orang yang berwirausaha dalam teknologi. Tamu undangan tersebut yakni bernama Agus Prasetyo.
Agus Prasetyo adalah seseorang yang memiliki kreativitas dalam bidang teknologi khususnya untuk  software. Beliau telah berfikir mandiri dengan wirausaha semenjak masih duduk di bangku SD. Beliau mengatakan bahwa untuk dapat berwirausaha harus memiliki ide, tip dan rencana. Ide adalah suatu gagasan yang pertama kali muncul  sebelum melakukan sesuatu. Ide dapat muncul apabila dapat memahami kondisi dan situasi yang terjadi. Intinya dapat membaca peluang, peluang tersebut misalkan memahami situasi pasar. Misalnya karena saat ini semua orang umumnya menggunakan internet maka hal tersebut adalah suatu peluang menjual barang via online. Namun jangan hanya sibuk mencari pasar akan tetapi buatlah sendiri pasar tersebut. Untuk mewujudkan ide tersebut maka susun rencana apa yang akan dilakukan dengan ide tersebut.                                       
                                                                                                                                                  Tips untuk berwirausaha yaitu :

1. Dapat berbicara menggunakan bahasa asing dikarenakan saat ini bahasa asing sangat diperlukan mengingat bahwa saat ini negara Indonesia sendiri sudah masuk dalam MEA. MEA adalah perdagangan bebas antar negara.
2.  Belajar komunikasi dengan orang lain.
3. Memperbanyak networking ( komunikasi melebur ke semua orang).
4. Jaga mindset, aturlah fikiran agar senantiasa berfikir positif dan fokus dengan yang dijalani.
5. Tingkatkan skill dan senatiasa berinovasi agar mampu bersaing secara sehat dengan yang lain.
6.  Buatlah produk yang unik di bandingkan yang lain.

Berwirausaha bidang teknologi khususnya software tidak lepas dari adanya permasalahan. Contohnya permasalahan dengan hacker, cara mengatasi hacker yang ingin mengcopy dan menjual produk orang lain. Hal ini dapat diatasi dengan senantiasa berinovasi dengan produk tersebut, membuat produk yang bergenerasi. Jika orang akan mengcopy dan menjual namun apabila sudah out to date maka kemungkinan konsumen  sudah tak berminat lagi. 
Selain mengundang Agus Prasetyo, Himatro juga mengundang Christian Moh. Sabilal. Salah satu CEO Brilliant English Course (Kampung Inggris Pare). Beliau adalah salah satu orang yang memiliki bisnis  kursus bahasa inggris. Sebelumnya beliau sudah menggeluti banyak bidang pekerjaan. Dalam seminar beliau menjelaskan mengenai mindset dalam entrepreneur. Mindset entrepreneur harus disusun dengan benar dan kuat. Karena segala sesuatu akan berjalan sesuai dengan mindset yang telah dibuat. Untuk melakukan bisnis kita harus memilki kerjasama, visi dan misi, dapat memanajemen waktu, memiliki rencana jangka pendek maupun panjang. Dalam suatu bisnis senantiasa terdapat kerjasama di dalamnya. Namun jika tidak adanya kerjasama dalam bisnis maka akan membuat bisnis tersebut mengalami permasalahan. Dalam melaksanakan bisnis harus memiliki visi, misi. Visi adalah hal yang utama yang ingin dicapai sedangkan misi adalah cara yang dilakukan untuk mewujudkan visi.
Kunci dari sukses yaitu penderitaan, kesengsaraan, kegagalan dan kesedihan. Jika menginginkan kesuksesan janganlah menghindari perasaan tidak nyamannya dari penderitaan, kegagalan,  kesengsaraan dan kesedihan. Segala sesuatu keinginan harus dilakukan dengan kerja keras dan sabar. Untuk menjadi sukses selain itu kita harus senantiasa belajar. Belajar tidak selalu berhubungan dengan bangku sekolah, sebenarnya lingkungan yang kita tempati merupakan tempat belajar. Semua orang yang berada di sekitar kita merupakan guru dari kita. Dan jangan pernah lupa untuk tidak bosan dengan yang namanya belajar. Berusahalah dalam mengerjakan segala sesuatu karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.



Acara tersebut juga dimeriahkan oleh salah satu stand up comedy yaitu Muslim atau lebih dikenal dengan Tretan Muslim,dia merupakan Salah satu juara pada acara Stand UpComedy Indonesia (SUCI) yang ke-3, Muslim sendiri merupakan Keturunan asli Madura, Jadi pas rasanya jika Muslim tampil di Universitas Trunojoyo Madura yang bertempat di Pulau Madura sendiri. Seminar ini juga berlangsung meriah dengan adanya beliau dan mengundang gelak tawa pada para peserta Seminar.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anak Elektro Mendominasi Dalam Acara Engeneering Festifal (EFES) 2013

POWER 3